Wednesday, March 3, 2010

LTSP dengan Easy-LTSP

Mungkin anda tidak akan menemukan tulisan tentang bagaimana menggunakan dan instalasinya di sini. Tulisan ini hanya sedikit sharing dari saya setelah berhasil setup LTSP dengan Kiwi-LTSP dan Easy-LTSP di OpenSuSE. Dari link-link yang terdapat di website opensuse, dua link berikut ini yang saya gunakan dalam setup kali ini: http://www.youtube.com/watch?v=NCDfnImh67E dan http://en.opensuse.org/LTSP/Quick_start/Easy-LTSP

Masalah yang muncul setelah instalasi adalah client tidak bisa login. Pesan kesalahannya rada lupa juga, cuma inget ada tulisan "port 22: Connection refused" di bagian belakang, dan ada tulisan soal ssh di awalnya. Awalnya cukup bingung, saya coba masukkan semua user ke dalam grup sshd, tapi memang mungkin salahnya saya tidak restart lagi servernya (hihii jd malu :P). Dan memang ternyata masalah hanya pada sshd tadi. Dan cukup menjalankan perintah (sebagai root):
:~# service sshd start
dan hoorrayy!! Client dengan lancar masuk ke lingkungan desktopnya.

Karena saya setup ini untuk warnet maka masalah selanjutnya adalah billing yang support untuk LTSP. Sebelumnya warnet ini menggunakan CCLFOX sebagai billingnya. Saya coba mencari lagi billing yang dapat support ke sistem jaringan LTSP, namun sepertinya belum dapat yang pas. Dan akhirnya musti balik ke CCLFOX lagi ini kayaknya. Doakan agar instalasi billing ini berjalan lancar! ^_^y

No comments:

Post a Comment