Friday, December 4, 2009

Pelatihan: Day 3 (Final Day)

Akhirnya, selesai juga rangkaian pelatihan yang diadakan selama 3 hari kemarin ini. Lumayan, dapet temen dedengkot OpenSolaris Bandung, Pak Agus Setiawan :-D

Jadi, kesimpulan yang tertangkep oleh saya dari 3 hari pelatihan ini adalah glassfish merupakan sebuah app server, yang mana kita bisa membangun aplikasi di atasnya seperti sebuah web application di atas web server-nya. Mengapa hanya itu kesimpulannya? Karena dari sejak awal, isu utama yang ada di otak saya adalah, apa bedanya web server dengan app server. Jadi ini sedikit penjelasan yang bisa saya pahami.

Fungsi dari app dan web server bisa jadi sama, hanya saja dari sisi keamanan, app server lebih aman daripada web server karena melewati beberapa tier/layer/container (ntah yg mana yg bener, kalo ada yang tau tolong koreksi) untuk sampai ke tier/layer/container penyimpanan data. Dari setiap tier/layer/container tersebut, bisa jadi memiliki implementasi yang berbeda-beda dan memiliki sistem keamanan yang terpisah. Selain itu, jika kita mengembangkan suatu aplikasi di atas app server, di sini glassfish sebagai topik utama, maka kita juga bisa mendapatkan semua komponen yang juga dimiliki glassfish. Hal ini sesuai dengan konsep OOP itu sendiri yaitu inheritance. Sedangkan pada web server, aplikasi kita tidak bisa menurunkan apa-apa dari web server tsb. Maksud komponen di atas adalah semua hal yang dapat diturunkan seperti method, class, dll (CMIIW).

Heuheu banyak CMIIW nya yah? Maklum deh nubie. Semoga ada manfaatnya bagi yang membaca. Kalo yang baca lebih expert dari saya tolong koreksi-koreksinya yah. Untuk materinya kalau ada yang mau minta boleh japri. Pada tau kan email saya?? :-D

1 comment:

  1. salam kenal, saya Edy dari Pekanbaru Riau, saya tertarik dan baru mau memulai belajar glassfish, kalo boleh saya minta materinya, email saya edy.zulyza@gmail.com, terima kasih. :)

    ReplyDelete